informasi seputar manfaat buah untuk kesehatan dan pengobatan

Senin, 13 Oktober 2014

5 Macam Buah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

5 komentar :
5 Macam Buah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi .- Kolesterol adalah lemak yang terdapat pada aliran darah atau sel yang pada dasarnya di butuhkan oleh tubuh untuk membentuk dinding sel.Akan teapi apabila kadar kolesterol dalam tubuh tinggi ( berlebih ) makan akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh karena mampu memicu terjadinya penyakit mematikan seperti penyakit janutng dan stroke.

5 Macam Buah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Untuk itu penting bagi kita mengetahui jumlah kolesterol dalam tubuh sehingga hal-hal buruk dapat kita hindari.Secara umum penyakit ini tidak memiliki atau menampakan gejala pada penderitanya akan tetapi dari beberapa kasus yang dialami seseorang yang memiliki kolesterol tinggi akan mengalami keluhan seperti : sering pegal-pedal dan sakit kepala.Akan tetapi hal tersebut jarang disadari oleh penderitanya.

Dewasa kini banyak obat-obat medis ataupun herbal dijual dipasaran akan tetapi alangkah baiknya apabila anda mengkonsumsi obat-obat herbal karena tidak akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh.Selain obat-obatan tersebut anda juga mampu mengatasi kolesterol tinggi secara alami salah satunya yakni dengan mengkonsumsi 5 macam buah yang mampu menurunkan kolesterol tinggi dan berikut beberapa buah tersebut :

1. Buah apel.Para ilmuwan dari Florida State University di AS menemukan bahwa konsumsi apel pada wanita menopause, yakni kelompok yang paling berisiko stroke dan jantung, apel member mafaat secara signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol sampai dengan 25 % (suaramerdeka.com). Apel kaya akan zat pectin, serat larut yang menghambat penyerapan kolesterol dalam usus. Kulit apel juga mengandung polyphenols, antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.  Para ahli menyarankan untuk konsumsi apel segar sebanyak 1-2 buah sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Buah jeruk.Menurut suaramerdeka.com mengkonsumsi satu butir jeruk setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 15,5 % dan trigliserida sebanyak 27%, diambil dari Journal of Agricultural and Food Chemistr

3. Buah alpukat. Walau mengandung lemak yang tinggi alpukat dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Pada responden yang mengonsumsi alpukat 1-1,5 buah per hari kadar koleaterol mereka turun dari 236 mg/dl menjadi 217 mg/dl. Sebaiknya alpukat dikonsumsi tanpa menggunakan bahan penyerta karena dapat meningkatkan kadar lemaknya (flexmedia.co.id). Alpukat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

4. Buah anggur. Anggur mengandung zat pectin yang dapat menurunkan kolesterol ldl. Zat ini membantu mengatasi penyumbatan aorta (flexmedia.co.id). Selain itu anggur juga memiliki kandungan zat resevatrol yang sangat bagus dalam menghancurkan kolesterol. Zat resevatrol memecahkan penggumpalan darah, menurunkan darah tinggi. Dengan kandungan zat yang sangat bermanfaat wajar jika buah anggur ini merupakan buah yang wajib untuk dikonsumsi dalam menurunkan kolesterol.

5. Buah delima. Buah delima dikenal dengan nama latin punica granatum, berbentuk bulat dan bijinya berwarna merah mempunyai manfaat kesehatan yaitu diantaranya menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah serta menjaga gigi tetap sehat. Buah delima menurut artikel kesehatan dari suara merdeka dapat meningkatkan HDL serta menurunkan HDL.

baca juga artikel tentang klik : Obat Kolesterol Tinggi Alami

Demikianlah sekilas tentang 5 Macam Buah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi semoga bermanfaat dan bisa membantu serta sukses selalu.

5 komentar :